Gadis Pantai

Posted on

Ebook Gadis Pantai PDF

EMPAT BELAS TAHUN UMURNYA WAKTU ITU. KULIT LANGSAT.

Tubuh kecil mungil. Mata agak sipit. Hidung ala kadarnya. Dan jadilah ia bunga kampung nelayan sepeng-gal pantai keresidenan Jepara Rembang.

Hari demi hari batinnya diisi derai ombak dan pandangnya oleh perahuperahu yang berangkat di subuh hari pulang di siang atau sore hari, berlabuh di muara, menurunkan ikan tangkapan dan menunggu besok sampai kantor lelang buka.

Ia telah tinggalkan abad sembilan belas, memasuki abad duapuluh. Angin yang bersuling di puncak pohon-pohon cemara tidak membuat pertumbuhannya lebih baik. Ia tetap kecil mungil bermata jeli.

Dan tidak diketahuinya – di antara derai ombak abadi suling angin dan datang-perginya perahu, seseorang telah mencatatnya dalam hatinya. Maka pada suatu hari perutusan seseorang itu datang ke rumah orangtua gadis.

Dan beberapa hari setelah itu sang gadis harus tinggalkan dapurnya, suasana kampungnya, kampungnya sendiri dengan bau amis abadinya.

Ia harus lupakan jala yang setiap pekan diperbaikinya, dan layar tua yang tergantung di dapur – juga bau laut tanah-airnya. Ia dibawa ke kota. Tubuhnya dibalut kain dan kebaya yang tak pernah diimpikannya bakal punya.

Selembar kalung emas tipis sekarang menghias lehernya dan berbentuk medalion ber-bentuk jantung dari emas, membuat kalung itu manis tertarik ke bawah.

Kemarin malam ia telah dinikahkan. Dinikahkan dengan sebilah keris. Detik itu ia tahu: kini ia bukan anak bapaknya lagi. Ia bukan anak emaknya lagi. Kini ia istri sebilah keris, wakil seseorang yang tak pernah dilihatnya seumur hidup.

Download Ebook Gadis Pantai

Untuk download ebook Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer dengan format pdf silahkan klik tombol dibawah ini.

   Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *